Sunday 5 April 2015

TETANGGAKU SAHABATKU (Adab bertetangga)


"Siapakah Sahabatmu..?"

خَيْرُ الأصْحَابِ عِنْدَ الله خَيْرُهُمْ لِصَاحِبِهِ وَ خَيْرُ الجِيْرَانِ خَيْرُهُمْ لِجَارِهِ
Sebaik-baik sahabat adalah yang paling baik terhadap sahabatnya, dan sebaik-baik tetangga adalah yang paling baik terhadap tetangganya.



Dia lah Tetanggamu, Dialah orang yang pertama kali akan menolongmu disaat kamu dalam susah maupun senang, bukan saudara kandung kamu yang jauh disana, bukan pula sanak saudaramu yang sekarang tidak berada disampingmu....
Belajarlah untuk menghormati tetanggamu sebagaimana kamu menghormasi saudara-saudaramu, karena dialah nanti yang akan menolongmu dikala kamu senang maupun sedih...


Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.
مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِالله وَ اليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُحْسِنْ إلى جَارِهِ
Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah ia berbuat baik kepada terangganya.
'Aisyah pernah bertanya,"Wahai Rasulullah, aku memiliki dua orang tetangga. Maka kepada siapakah aku memberikan hadiah diantara mereka berdua?". Beliau menjawab.
إلى أقْرَبَهُمَا مِنْكِ بَابًا
"Kepada tetangga yang lebih dekat pintu rumahnya denganmu"

Salam hangat dari kami untuk warga dan lingkungan taman akasia parung, bogor.

Merupakan impian dan harapan kita semua selaku warga untuk dapat hidup tentram dan damai dilingkungan kita sendiri.

Komunitas sosial dalam bentuk Paguyuban yang baru kita bentuk sekitar 1 tahun diharapkan dapat menjembatani segala kebutuhan warga yang bersifat internal maupun external lingkungan taman akasia parung. 

Untuk itu diperlukan kerjasama dan kekompakan warga dan sekitarnya untuk saling peduli dan menjaga keharmonisan bertetangga satu sama lain.” Tetanggaku Sahabatku”, mungkin itu pepatah yang tepat untuk kita pakai sebagai pedoman pemersatu.

Selaku Pengurus paguyuban, kami pun berusaha untuk  berbuat sesuatu sekecil apapun itu demi tujuan untuk mencapai keharmonisan warga dan lingkungan, baik itu selaku : Warga Negara, Warga Masyarakat, Keluarga, maupun sebagai Pribadi.

Dan....untuk itulah Blog ini dibuat, , komunikasi dan input satu sama lainnnya.

Blog ini dibuat dari warga dan untuk warga. Oleh karna itu bagi warga yang ingin menyampaikan pandangan, harapan, kritikan , ide - ide , serta apa yang telah positif dan dapat membangun lingkungan , kami persilahkan berpartisipasi dengan mengirimkan artikelnya ke email dibawah ini untuk selanjutnya kami input ke blog.


  1. billie_ars@yahoo.co.id
  2. haikal.khotim@gmail.com

Semoga dengan dibuatnya blog ini bisa menjadi salah satu media informasi yang dapat membantu menyampaikan informasi yang sewaktu2 bisa di baca atas informasi yang berkaitan dengan kegiatan serta kebutuhan paguyuban taman akasia parung, bogor 

Link Tautan:
https://www.islampos.com/etika-bertetangga-dalam-islam-37036/
http://muslimah.or.id/adab-doa/adab-bertetangga.html

No comments:

Post a Comment